Cara Membuat Toko Online Gratis

Apakah kamu ingin membangun toko belanja online di blogger blog untuk meningkatkan daya kerja bisnis kamu? Belajar cara untuk membangun toko online memang tidak mudah namun berkat adanya eCommerce plugin kita bisa merubah blog kita menjadi toko online yang sempurna. Kali ini pada artikel ini kami akan mengajarkan anda bagaimana cara membuat toko online di blogger.

Menambahkan toko online di blogger blog tidak sesulit yang dibayangkan. Meskipun ada begitu banyak template eCommerce namun dengan adanya plugin khusus ini menambahkan toko online yang lengkap dengan fasilitasnya seperti shopping chart, sistem pembayaran dan lain-lain menjadi mudah dan mungkin.

Tutorial Lengkap Membuat Toko Online di Blogger Gratis


Cara Membuat Toko Online


Kamu bisa menjual apa saja di blog kamu namun produk yang kamu jual tentu saja memiliki relasi dengan isi blog. Misalnya jika kamu menulis tentang teknologi maka kamu bisa menjual gadget di blog-mu. Jika kamu menulis e-book maka kamu bisa menjual e-book melalui plugin eCommerce ini. Blogger bisa menjual Kaos, Perhiasan, produk kecantikan dan apa saja pokoknya yang legal dijual.


Bagaimana Cara Membangun Toko Online di Blogger:


Untuk menambahkan toko online di blogger, kita akan menggunakan plugin yang diberi nama ECWID.  Ia gratis alias FREE di gunakan sebagai solusi untuk merubah blog kamu menjadi toko online yang diinginkan.

Pertama, kamu harus registrasi dahulu di register akun di-ECWID.com. Jika kamu memiliki akun paypal, Facebook atau Google kamu langsung bisa mendaftar secara otomatis dengan menggunakan salah satu akun tersebut.

Cara Membuat Toko Online


Langkah#1: Tambahkan Produk


Setelah berhasil mendaftar kamu sudah bisa mengakses ECWID control panel-nya atau product dashboard. Di situlah kamu bisa menambahkan produk untuk yang pertama kalinya. Pilih “Add Product” dari menu yang paling atas lalu lanjutkan ke langkah berikutnya.

Tambahkan nama produk, harga dan gambar. Kamu juga bisa menggunakan “More Powerful Option” untuk menambahkan detail tentang produk yang kamu jual seperti;  kategori, deskripsi, warna, dan lain-lainnya (menambahkan detail tentang produk sangat dianjurkan karena nantinya kita akan menambahkan katalog produk di blog). Setelah menambahkan produk lalu pilih ‘Save”

Kamu tidak akan melihat pesan bahwa produk kamu sudah berhasil ditambahkan lalu tekan “Proceed to next step”.

Demo katalog membantu kamu untuk mengeksplor dan memahami segala fungsi yang ada di ECWID. Ia akan menyuruh kamu untuk men-delete-nya lalu tekan Delete untuk menghapus semua produk demo yang ada.

Langkah#2: Membuat Toko:


Setelah men-delete demo katalog maka sekarang adalah waktunya untuk menampilkan produk-produk yang sudah kamu tambahkan tadi di blognya kamu. Mudah saja hanya pilih “Create Store” di menu paling atas seperti pada gambar dibawah ini.

Tekan ‘Yes, I have a Website” dan lanjutkan ke proses berikutnya.

Sekarang kita harus memilih platform apa yang akan kita gunakan untuk menampilkan toko online tadi. Mengingat kita menggunakan blogger maka kita pilih “Other Platform”

Ecwid menyediakan 4 jenis E-commerce widget yang bisa diletakkan di toko online blogger yaitu brosur produk, kategori, Mini Cart dan search box. Berikut penjelasannya;

Produk brosur: Menampilkan semua produk yang telah kamu tambahkan di produk katalog dan widget ini yang paling penting untuk memastikan bahwa toko online kamu bekerja dengan baik sementara widget lainnya hanya sebuah pilihan
Kategori; Menampilkan jenis produc sesuai dengan kategori
Mini Chart: menampilkan shopping chart di toko online kamu
Search Box: membolehkan pembeli untuk mencari produk yang mereka inginkan di toko online kamu

Sekarang kamu akan melihat embed code dari 4 widget yang berbeda.  Copy salah satu kode tersebut dan paste kode itu di halaman situs yang ingin kamu tampilkan. Save dan Refresh halaman tersebut.

Untuk menambahkan Produk Brosur di Blogger, copy code produk brosur lalu pergi ke Blogger.com >> add new page >> lalu tukarkan ke HTML mode kemudian paste kan code yang kamu copy barusan. Nama kan pafe tersebut dengan “Toko Online Saya” dan tekan Publish.

Mudah bukan! Sekarang kamu bisa menambahkan lagi produk di toko online kamu. Setiap produk yang ditambahkan di produk katalog akan muncul secara otomatis di toko online blogger kamu.

Langkah#3: Pilih Metode Pembayaran


Ecwid mendukung pembayaran yang populer seperti Paypal, Authorize.Net dan Stripe. Kamu bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan untuk memungut uang dari pembeli yang berbelanja di toko kamu. Pembayaran tersebut bisa berupa Cash, credit card, check atau paypal.

Pilih “Get Paid” di menu paling atas.

Jika kamu memilih paypal untuk mengambil pembayaran dari customer kamu maka pilih “paypal” dan masukan e-mail PayPal kamu yang valid. Sama halnya kamu juga bisa memilih “stripe” jika memilikinya.

Kamu juga bisa membuat metode shipping dengan memilih “Configure Shipping” dari menu di atas. Jika kamu menjual Digital Produk maka kamu bisa meniadakan fungsi shipping namun jika menjual produk yang membutuhkan shipping, kamu bisa ikuti instruksi shipping untuk menciptakan metode shipping-nya.

Kami berharap tutorial ini bisa membantu kamu untuk membuat toko online di blogger. Jika kamu menyukai artikel ini, jangan lupa di share ya di Facebook, Tweeter dan Google Plus. Selamat mencoba dan semoga toko online kamu bisa sukses!
Mao Kifli I want to be a sole survivor someday.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Toko Online Gratis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel