4 Langkah Memulai Bisnis Dropship

Memulai bisnis online tentunya menjadi lebih mudah untuk di era ini, dengan berkembangnya toko online seperti Amazon, eBay, Shopify, Toko Pedia, Buka Lapak dan lainnya membuat anda menjadi lebih mudah untuk memulai bisnis dropship atu dropshipping. Kamu yang tidak memiliki uang sekalipun masih bisa menjalankan bisnis online dropship! 

Artikel dropship ini sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki uang, produk untuk dijual atau gudang besar untuk menyimpan barang jualan anda.

bisnis dropship

Pahamilah Tentang Bisnis Dropship Yang Sesungguhnya.


Dropship atau dropshipping artinya kamu menemukan produk dengan harga murah dan menjualnya dengan harga lebih tinggi.

Dalam menjalankan bisnis dropship kamu tidak memerlukan uang tunai atau gudang namun kamu hanya memerlukan media internet seperti toko online untuk menjual produk lalu fokus pada penjualan dan promosi yang tepat.

Cara kerja Bisnis Dropship


Kamu temukan supplier/grosir yang menjual barang dengan harga sangat murah lalu menjualnya dengan menampilkan barang-barang tersebut di toko online kamu dengan harga yang lebih tinggi.

Ketika pembeli membeli barang dari toko online kamu dan kamu mengambil orderan tersebut dan mengirimkannya ke supplier/grosir lalu mereka akan mengirimkan barang tersebut langsung ke pembeli dan kamu mendapatkan keuntungan dari harga jual kamu dikurang harga supplier/grosir.

Beberapa alasan memilih bisnis dropship


  • Ia sangat mudah untuk membuat toko online bisa yang gratis maupun berbayar.
  • Kamu tidak perlu pusing tentang inventory atau barang-barang yang kamu jual.
  • Hampir tidak memiliki resiko rugi sebagai penjual atau reseller.
  • Ada jutaan produk yang bisa kamu jual
  • Ia memungkinkan untuk kamu menjalankan bisnis dropship dimanapun kamu berada.
bisnis dropship

Kamu sudah cukup memahami bisnis dropship maka selanjutnya mari kita bahas langkah demi langkah untuk memulai dropshipping.

Langkah #01 Temukan Niche Yang Tepat


Ada banyak yang bilang bahwa kita bisa memulai bisnis dropship dengan menjual segala jenis niche, meskipun kamu tidak menyukainya namun sayangnya itu sama sekali tidak benar. 

Tanpa ada pengetahuan dan passion terhadap niche yang kamu pilih maka kamu tidak akan mampu menemukan barang-barang yang berkualitas, harga yang tepat dan hal-hal yang berhubungan dengan kesuksesan bisnis dropship.

Ambil niche yang benar-benar kamu menyukainya dan memiliki pengetahuan terhadapnya. Misalkan kamu menyukai kecantikan maka kamu bisa memilih niche kecantikan menjual barang-barang seperti make-up, masker, pemutih kulit dan sebagainya. Jika kamu menyukai komputer maka pilih niche yang berhubungan dengan komputer sehingga kamu bisa menjual barang-barang seperti laptop, PC, mouse, dan aksesoris komputer lainnya.

Jika mengalami kesulitan dalam memilih niche yang tepat maka ikutilah tips dibawah ini dalam menentukan niche yang tepat buat bisnis dropship kamu.
  • Temukan hobi atau ketertarikan dan gairah kamu. Sebagaimana kita ketahui bahwa bisnis tidak semudah yang kita bayangkan. Ada kalanya bisnis yang kamu jalankan berada di bawah, nah jika kamu tidak memiliki passion atau gairah terhadap niche yang kamu geluti maka akan dengan mudah untuk kamu berputus asa. logikanya seperti ini jika kamu tidak menyukai sepak bola maka kamu tidak akan bisa menyelesaikan tontonan sepak bola. 
  • Temukan masalah yang mungkin muncul pada niche yang akan kamu pilih. Ketika kamu memilih untuk menjual niche tertentu maka kamu akan mendapatkan berbagai masalah dari para pembeli. Kamu harus mendapatkan wawasan yang luas tentang niche yang kamu pilih sehingga kamu bisa mengatasi setiap masalah yang bakal timbul. Kamu bisa menggunakan forum-forum tertentu tentang niche yang kamu pilih seperti Quora atau lainnya.
  • Selidiki kompetisi kamu. Apakah niche yang kamu pilih mendapatkan kompetisi atau pesaing dari yang lain? selidiki mereka temukan apa yang tidak ada dari mereka dan kamu terapkan di bisnis dropship kamu. Kekurangan mereka jadikan kelebihan untuk kamu dan pelajari kelebihan mereka yang bisa kamu terapkan di bisnis dropship kamu.
  • Apakah niche yang kamu pilih menguntungkan? Apakah kamu akan mendapatkan keuntungan yang setimpal terhadap niche yang kamu pilih? Kamu bisa melihat popularitas terhadap niche yang kamu pilih dengan meneliti di toko-toko online terbesar seperti di eBay, Amazon atau untuk di Indonesia Tokopedia dan Buka Lapak. 

Terlepas dari itu semua tidak ada metode pasti dalam menemukan niche yang pasti cocok dan menguntungkan. 

Langkah #02 Menemukan Supplier Yang Terbaik


Mungkin ini adalah langkah tersulit apalagi untuk seorang pemula dalam bisnis dropship namun kamu gak usah kuatir karena kami siap memberikan solusi terbaik. Kamu bisa menemukan supplier dengan semua jenis niche apa pun. 

Apakah kamu pernah mendengar Ali Express? Nah, Ali Express merupakan sejenis toko online terbesar di dunia yang berasal dari China. Kamu sudah tidak asing lagi bahwa produk cina memiliki harga yang sangat murah dengan kualitas yang terbaik. 

bisnis dropship


Hampir semua para dropshipper di dunia menggunakan jasa Ali Express dalam menjalankan bisnis dropship jadi kamu tidak boleh menyiakan kesempatan ini. Di Ali Express kamu bisa menemukan segala jenis barang yang ingin kamu jual. Ada banyak penjual yang menjual barang yang sama jadi berhati-hati lah dan kamu harus menemukan penjual yang menjual barang yang kamu cari dengan harga sangat murah.

Kamu bisa bekerja sama dengan penjual di Ali Express bahwa kamu menjalankan bisnis Dropshipping. Kamu bisa meminta penjual tersebut untuk menaruhkan label kamu sendiri kepada para pembeli kamu. Berdiskusilah dengan penjual di Ali Express ya.

Langkah #03 Pilih Platform Terbaik Untuk Bisnis Dropship 


Mencara platform yang tepat untuk memulai bisnis dropship adalah langkah yang crucial untuk kamu bisa menjalankan dropshipping dengan sukses. Kamu bisa membuat toko online atau Facebook Page yang sekarang sudah dilengkapi fitur toko online atau bahkan menggunakan Instagram yang sekarang lagi trending. 

Ada beragam jasa internet yang bisa kamu gunakan untuk membuat toko online beberapa di antaranya adalah shopify dan ECWID. Jika kamu serius dalam menjalankan bisnis online ini maka kami sarankan untuk menggunakan jasa mereka yang berbayar namun tidak ada salahnya mencoba terlebih dahulu secara gratis jika kamu merasa puas maka kamu bisa beralih ke premium. 

Pelajari lebih lanjut cara membuat toko online gratis dengan jasa ECWID. Jenis yang satu ini bisa merubah blog kamu menjadi toko online yang profesional. 

Jika kamu merasa bahwa Tokopedia, Buka Lapak atau toko online indonesia lainnya merupakan pilihan terbaik maka kamu bisa mencobanya.


Langkah #04 Promosi Toko Online Kamu


Jika kamu baru saja memulainya maka akan sulit untuk kamu menemukan customer yang berpotensi meskipun niche yang kamu ambil tidak memiliki banyak pesaing. Tentu kamu perlu extra kerja keras untuk mempromosikan toko online kamu. 

Bagaimana cara kamu melakukannya? Kami senang dengan pertanyaan tersebut. Berikut adalah 3 strategi yang bisa kamu terapkan dalam mempromosikan toko online yang baru saja kamu bangun.

Buat Daftar E-mail


Penelitian menunjukan bahwa 60% para kesuksesan dari bisnis dropship berasal dari daftar E-mail. Kamu bisa membuat daftar E-mail untuk toko online kamu. Mereka berkunjung di toko online kamu merupakan calon pembeli atau customer yang berpotensi untuk membeli jadi mendapatkan E-mail mereka adalah sebuah strategi yang hebat. 

Jika dropshipping yang kamu jalankan hanya untuk wilayah Indonesia maka kamu juga bisa membuat daftar kontak mereka berupa Whatsapp, Line atau Pin BBM. Kamu bisa menggunakan aset tersebut sebagai bentuk promosi dan menjalin hubungan yang erat dengan calon atau customer kamu.

Ciptakan Referral Discount


Referral discount atau diskon rujukan adalah ketika ada yang memberikan rujukan toko online anda kepada orang lain maka orang tersebut akan menerima diskon.

bisnis dropship


Seperti Uber yang menciptakan referral discount dimana customer baru akan mendapatkan tumpangan gratis apabila mereka mendownload aplikasi Uber lewat link dari temannya. Nah, kamu juga bisa menerapkan hal yang sama untuk mendapatkan customer dengan lebih cepat.

Kirimkan sample produk kamu ke orang-orang yang berpengaruh


Kamu bisa mengirim E-mail kepada mereka yang kamu anggap memiliki pengaruh besar di dunia maya seperti para Blogger atau Youtuber atau Selebgram yang sudah memiliki subscriber atau follower yang banyak. Email kan mereka untuk menjadi sponsor kamu. Kamu harus menulis E-mail yang menarik dan kreatif agar mereka tertarik untuk menjadi sponsor toko online kamu. Kirimkan E-mail berulang-ulang jika belum mendapatkan respon dari mereka.

Kesimpulan


Hooray! Kita sudah di penghujung artikel dan mulai sekarang kamu sudah memiliki pemahaman dalam menjalankan bisnis dropship. 

Pekerjaan kamu tentu tidak selesai disini ada banyak hal yang akan menanti kamu dalam menjalankan bisnis eCommerce dropship ini namun jangan bimbang asalkan kamu menerapkan tip-tip baru di bawah ini maka kamu akan menjadi pelaku bisnis online dropship yang sukses dalam beberapa bulan ke depan.

  • Jangan berhenti untuk terus meng-update situs kamu atau toko online kamu. Tingkatkan SEO dan tulis konten yang berkualitas tinggi di situs atau blog kamu untuk menarik banyak pengunjung. 
  • Jaga hubungan baik kamu dengan supplier.
  • Jaga hubungan baik kamu dengan customer atau pelanggan. Jawab semua pertanyaan mereka dan perbaharui FAQ jika kamu memilikinya.
  • Kerahkan tenaga kamu di social media. Buat lah kontes atau jalankan iklan dan pokoknya kamu harus lebih gencar dalam mempromosikan toko online kamu.

Kami berharap kamu bisa memetik pelajaran berharga dari artikel memulai bisnis dropship ini. Apakah kamu terinspirasi untuk melakukannya? Berikan jawaban kamu di kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang memiliki passion untuk menjadi seorang pengusaha. 
Mao Kifli I want to be a sole survivor someday.

Belum ada Komentar untuk "4 Langkah Memulai Bisnis Dropship "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel