5 Cara Membuat Ebook Hingga Terbit

Salah satu bisnis online yang bisa kamu tekuni adalah dengan cara membuat ebook maka di artikel kali ini kami akan membahas secara rinci cara-cara dalam membuat ebook hingga kamu bisa menerbitkannya sendiri dan mendapatkan uang dari menjual ebook yang kamu ciptakan.

Ebook adalah sejenis buku digital yang bisa kamu download melalui gadget berupa ponsel pintar, Tablet atau PC.

cara membuat ebook

Cara Membuat Ebook Terbaik


Dalam melakukan bisnis online berupa ebook kamu tentu tahu bahwa ada begitu banyak pekerjaan yang harus kamu kerjakan karena kamu akan bertindak sebagai Penulis, Penerbit dan sekaligus sebagai Penjual atau Marketer.

Ebook tidak saja mendatangkan keuntungan berupa uang namun ebook juga diyakini sebagai alat promosi untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog kamu. Alhasil membuat ebook akan mendatangkan banyak keuntungan.

Sebelumnya telah kami bahas cara bisnis online lainnya seperti google adsense, aplikasi penghasil uang, bisnis afiliasi dan dropship namun pada kesempatan ini mari kita belajar cara membuat ebook hingga kamu bisa menerbitkannya dan segera bisa dipasarkan.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa menghasilkan sebuah ebook yang bisa mendatangkan keuntungan baik dari segi materi (uang) atau untuk menarik pengunjung ke blog kamu:


  1. Menentukan tema yang ingin kamu tulis
  2. Merubah karya tulis kamu dalam bentuk ebook
  3. Membuat Cover Ebook
  4. Menentukan media terbit
  5. Memasarkan Ebook atau Promosi Ebook yang tepat.


#01. Menentukan Tema 


Menulis sebuah ebook sama halnya menulis sebuah buku yang artinya kemampuan menulis kita sangat diandalkan dalam menciptakan sebuah ebook yang menarik. Kamu bisa mengambil tema sesuai dengan apa yang kamu suka misalkan kamu gemar menulis puisi kamu bisa menciptakan kumpulan puisi dalam bentuk ebook.

Jika kamu juga bisa menggambar dan sekaligus menulis puisi maka kamu bisa membuat puisi ebook yang disertai gambar. Hal ini yang sudah dilakukan oleh Miss Indonesia 2018 Aulia Sabrina. Puisi bergambar beliau dalam bentuk ebook mendapatkan perhatian banyak orang dan kamu juga bisa melakukannya atau bisa membuat lebih kreatif lagi. Itu salah satu kelebihan sebuah ebook dimana kita bebas berkreasi tanpa harus dibebani biaya. 

Jika kamu seorang novelis maka kamu bisa menciptakan novel dalam bentuk ebook dan tentunya kamu bisa menyertai gambar pada novel ebook kamu. 

Selain tema sastra kamu bisa mengambil tema pengetahuan atau sebuah tutorial tentang cara mendapatkan uang di internet. Menurut kami tema itu yang paling banyak dicari oleh pengguna internet tentang cara bisnis online yang menghasilkan uang.

menentukan tema ebook


Selamat menentukan tema ya! Semoga ini adalah awal untuk kesuksesan kamu dalam membuat ebook.

#02. Mengubah Dalam Bentuk Ebook atau Digital.


Bagi pemula mungkin ini adalah langkah membuat ebook paling sulit dilakukan namun jangan kuatir dengan berkembangnya teknologi semua pekerjaan yang susah dilakukan diwaktu dulu sekarang menjadi lebih mudah dan bahkan menyenangkan.

Bagi kami ini adalah langkah paling mengasyikkan dalam membuat ebook dimana kamu bisa memainkan daya kreatifitas kamu di sini.

Ada banyak jasa online yang bisa kamu gunakan untuk mengubah tulisan yang kamu tulis dalam bentuk ebook yang menarik. Kami sangat merekomendasikan sebuah service online yaitu canva.com di situ online tersebut kamu bisa membuat ebook dalam bentuk PDF.

Registrasi terlebih dahulu sebelum kamu menggunakannya dan jasa online membuat ebook tersebut adalah gratis dan kamu tidak perlu membayar sepeser pun.

cara membuat ebook


Canva akan menawarkan jenis layout dan sekaligus cover buat ebook kamu jadi kamu bisa melakukan segalanya di Canva dan itu gratis, menyenangkan bukan? Ayo wujudkan ebook yang kamu tulis di Canva sekarang!

#03. Membuat Cover Ebook


Proses ini yang sangat krusial bagi kamu yang ingin menjual sebuah ebook. Kamu harus bisa menentukan sebuah cover ebook yang benar-benar mencolok dan menarik perhatian orang yang melihatnya.

Jika kamu ahli di dunia photoshop maka kamu bisa menggunakan software tersebut untuk membuat cover ebook kesayangan kamu namun bagi kamu yang tidak memiliki wawasan dalam photoshop, jangan bersedih dahulu karena kami akan memberikan solusi yang tidak kalah menariknya.

membuat cover ebook


Sekali lagi kamu bisa menggunakan jasa Canva untuk membuat cover ebook kamu dan Canva akan menawarkan sejuta gambar yang gratis maupun yang berbayar dan kamu juga bisa menggunakan gambar kamu sendiri dan menguploadnya di Canva lalu kamu tinggal membubuhkan tulisan dan pernak-pernik lainnya sehingga cover ebook kamu menjadi lebih memikat.

#04 Menerbitkan Ebook


Kamu membutuhkan platform untuk bisa menerbitkan ebook kamu secara online pada sub ini kamu memiliki beberapa pilihan yaitu menerbitkannya sendiri atau menggunakan jasa pihak ketiga.

menerbitkan ebook

Ada beberapa pihak ketiga yang bisa kamu gunakan dalam menerbitkan ebook kamu namun perlu diingat bahwa kamu sudah siap dengan perjanjian bahwa kamu harus memberikan persenan kepada pihak yang kamu ajak kerja sama dalam menerbitkan ebook kamu. Mari kita telusuri pihak ketiga yang bisa kamu manfaatkan dalam menerbitkan ebook;


  • Bacatulis.id adalah penerbit ebook online salah satu terbaik di Indonesia yang sudah memiliki banyak customer-nya jadi kamu bisa menggunakan jasa mereka untuk menjual ebook yang telah kau ciptakan dengan sepenuh hati. Jika ebook kamu memiliki nilai sastra maka kami sangat merekomendasikan Bacatulis.id sebagai platform kamu untuk menjadi penulis.



  • Google Publisher merupakan salah satu sarana terbaik untuk menerbitkan ebook. Sebagaimana telah kamu ketahui google publisher salah satu bagian dari Google Play Store yang menjual ribuan ebook maka kamu bisa menggunakan pilihan ini. Terbaik dari google Publisher adalah ebook kamu bisa dibeli dengan pulsa jadi sangat memudahkan setiap orang yang berniat untuk membeli ebook kamu.


Segeralah melakukan registrasi di Google Publisher dan bersiaplah untuk menjadi penulis terkenal dan siapa tahu kamu akan dikontrak oleh penerbit di dunia nyata.


  • Pilihan ketiga yang bisa kami rekomendasikan adalah menerbitkannya sendiri. Pertanyaannya bagaimana cara menerbitkannya sendiri? Sebuah pertanyaan yang bagus yang akan kami jawab. Jika ini adalah pilihan kamu maka pastikan kamu memiliki sebuah blog yang memiliki banyak pengunjung karena ini akan sangat berpengaruh terhadap penjualan ebook kamu. Kamu bisa menggunakan jasa online agar dapat menerbitkan ebook kamu dan ikutilah langkah-langkah ini:
cara membuat ebook


  1. Registrasi segera ke situs Payhip
  2. Pastikan kamu memiliki PayPal jika tidak kamu bisa belajar cara membuat Paypal.
  3. Upload file PDF ebook kamu di Payhip
  4. Upload juga Cover Ebook Kamu
  5. Setelah produk berhasil ditambahkan lalu klik Share/Embed
  6. Lalu klik More Option
  7. Ubah button text sesuai dengan yang kamu inginkan
  8. Pada kolom display option kamu bisa menampilkn harga dan cover ebook kamu atau hanya sekedar tulisan saja.
  9. Lalu copy embed codenya ke situs atau blog kamu.


#05. Promosi Ebook atau Marketing


Setelah kamu berhasil menerbitkan ebook kamu bukan berarti tugas kamu sudah selesai namun di sini lah tahap yang paling penting. Kamu harus memiliki strategi marketing yang jitu untuk bisa mempromosikan ebook kamu kepada calon pembeli.

Saya sarankan kamu harus memiliki landing page yang benar-benar bagus untuk bisa menarik pembeli jika kamu mengambil pilihan ketiga dalam menerbitkan ebook. Ada beberapa pilihan yang bagus untuk bisa membuat landing page yang terbaik dimana kamu bisa menggunakan jasa Freenom yang gratis.

cara membuat ebook


Dengan jasa Freenom kamu akan diberikan kemudahan dari segala hal mulai dari domain yang gratis maupun design landing page yang juga gratis.

Sosial media seperti Facebook dan Twitter dan Instagram adalah sarana promosi ebook yang sangat menjanjikan. Apalagi Instagram yang sekarang sedang populer dikalangan kita dan kamu bisa menggunakan jasa selebgram untuk mempromosikan ebook kamu.

Kamu juga bisa mempromosikan ebook kamu lewat Forum. Jadi mulai sekarang bergabung lah dan aktif lah di forum-forum online dimana kamu bisa menemukan pembeli yang tepat. Sebagai contoh jika ebook kamu bertemakan bisnis online maka kamu boleh bergabung dengan forum bisnis online atau kamu bisa bergabung dengan Facebook group yang membahas tentang tema yang sama dengan ebook kamu.

Promosi ebook adalah sebuah bahasan yang panjang karena ini adalah tahap terpenting yang menentukan kesuksesan ebook kamu oleh sebab itu kami akan membahas ini pada artikel selanjutnya tentang cara sukses mempromosikan ebook.

Kesimpulan 


Sebelum kamu memutuskan untuk membuat ebook ada beberapa hal yang wajib kamu garis bawahi terlebih dahulu yaitu kamu harus memiliki relasi yang erat dengan calon pembeli ebook kamu. Mereka harus memiliki kepercayaan kepada kamu dan kamu bisa melakukannya dengan membuat daftar email lalu mengirimkan mereka email secara berkala seperti sekali dalam seminggu.

Kamu juga bisa memberikan mereka hadiah sebuah ebook gratis buat mereka. Biarkan mereka melihat karya kamu terlebih dahulu untuk membangun kepercayaan terhadap kamu. Percayalah ini adalah proses yang tidak boleh kamu hindari.

Jika kamu telah siap dengan semua itu maka segeralah mendansakan jari-jari kamu untuk menciptakan sebuah ebook yang bermanfaat. Kami yakin kamu bisa melakukannya jika itu datangnya benar-benar dari hati.

Jika kamu memiliki sebarang pertanyaan seputar cara membuat ebook maka kamu bisa meninggalkan pesan di kolom komentar dan kami siap untuk membantu. Apabila kamu jatuh cinta dengan artikel ini maka kami mohon sebarkan artikel ini dengan menekan share di Facebook, Twitter atau media sosial lainnya.

Terima kasih karena telah sudi berkunjung di blog kami dan jangan lupa berlangganan lewat email agar kamu tidak ketinggalan artikel menarik di masa akan datang. Selamat mencoba dan semoga sukses.
Mao Kifli I want to be a sole survivor someday.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Membuat Ebook Hingga Terbit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel